March 5, 2011

Nyepi Sepi

Perayaan hari raya Nyepi bisa dikatakan sepi? tidak juga, tulisan ini aku buat saat nyepi, karena ributnya para tetangga membuat perayaan ini jadi tidak terasa. Seperti hari-hari biasa saja, yang berbeda kendaraan bermotor tidak lalu-lalang, toko-toko tidak ada yang buka, dan sekolah semua libur. Malam hari nya akan gelap, karena lampu tidak dihidupkan, meskipun listrik masih mengalir untuk menjaga jika ada sesuatu hal terjadi. Listrik tetap dialirkan karena Rumah Sakit tidak bisa libur, orang sakit tidak bisa ditebak jadi rumah sakit harus memiliki listrik untuk para pasiennya.
Ah, perayaan nyepi tahun ini merupakan perayaan modern, jikalau sebelumnya saling sms-an, sekarang bagi yang punya BlackBerry bisa melakukan chat sesama pemilik BlackBerry. Internet pun masih hidup pada hari nyepi ini, dan pemilik modem internet juga sudah banyak, jadi mereka semua menghabiskan hari ini dengan teknologi tersebut.
Tapi semangat nyepi masih terlihat, meskipun beberapa pantangan dilanggar. Semoga semua umat sedarma lebih merasakan arti sebenarnya dari nyepi daripada merayakan tapi tidak mengerti arti dari sebenarnya.

No comments:

Post a Comment