March 9, 2011

self confident or worry

Beberapa bulan lalu saya bermain di Private Server teman, baru buka fresh abis. Kata temenku yang punya, Private server ini sudah lengkap semuanya dan sangat update. Tapi apa yang terjadi waktu saya bermain, ada masalah disana sini, mulai dari beberapa npc yang kurang bagus penempatan sampai item cash yang sangat tidak cocok.
Sempat saya chat via Facebook dan mengutarakan uneg-uneg tentang private server miliknya. Awalnya dia meminta nasehat dan bertanya bagus tidaknya private server yang dia kelola, lama-lama saya membantu sedikit-demi sedikit. Tapi ada beberapa kelemahan dari sisi teman saya, ketakutan untuk melakukan perubahan yang saya yakin akan membuat permainan lebih bagus.
Ditambah lagi saat ini, beberapa temannya yang suka mencari masalah mulai bacot tidak jelas di grup Facebook dan mulai menulis kata-kata yang memiris hati, bukannya malah menaikkan pamor server tapi malah membuat server dicap tidak jelas. Entah berapa orang setelah saya atau sebelum saya yang sudah memberikan masukan, tapi tidak semuanya direspon dengan baik.
Mulai dari dikatakan saya tidak tahu cara membuat private server sampai dikatakan lemah dan banyak bacot. Yap, itu hak mereka bicara begitu tapi seharusnya bicara itu menggunakan pikiran dulu untuk mengolah informasi agar tulisan yang dibuat tidak menyinggung orang lain secara personal.
Mau dikata apa lagi sekarang private server itu sepi, meskipun ada yang bilang masih rame dan berkembang. Tapi berkembangnya tidak kelihatan hasilnya. Teman saya itu nyaris tidak berani mengutak-ngatik isi server agar lebih nyaman, dia lebih berpikir gampang, membiarkan dan menunggu update. Padahal dia jurusan komputer dan pasti tahu pemrograman, entahlah pikiran manusia beda tidak ada yang sama. Yang jadi pertanyaan apakah itu merupakan percaya diri bahwa servernya bisa maju dan berkembang atau ketakutan bahwa servernya akan sepi lama-kelamaan.

No comments:

Post a Comment